Seberapa Penting Stel Klep Motor. Lengkap Cara Stelnya
Menyetel Klep atau Valve merupakan suatu hal yang penting karena bila klep terlalu kencang atau celah terlalu rapat maka akan berdampak pada motor tersebut, seperti bilah celah terlalu rapat tidak mempunyai tenaga besar atau sering disebut ngempos, dan jika klep tersebut memiliki celah terlalu besar/regang maka plat sttoper akan cepat rusak, maka dari itu setel harus pas supaya tidak mudah rusak atau motor tidak bertenaga.
Apa sebenarnya fungsi klep? yaitu pembuka dan penutup saluran gas,dan juga sebagai salah satu inovasi baru yang dilakukan untuk desain mesin demi menghasilkan sepeda motor yang asyik pakai dan untuk mengurangi polusi udara adalah dengan mengembangkan desain dari saluran buangnya.
Dalam dunia perbengkelan desa saya, sering pemberian nama setel klep itu disebut TOP in klep. Ada beberapa tahap sebelum kalian setel klep yaitu: alangkah baiknya kalian cek klep kalian, cara ceknya bisa dengan cara digoyang kesamping kanan kesamping kiri klepnya. Bila klep bergoyang kesamping berarti klep rusak. penyebabnya bisa rusak di bagian boss klep, bisa karena penyebabnya didalam seal klep, payung klep, dan selnya bocor tetapi bila seal bocor pasti pembuangan gas berasap/ngebol.
Setelah kalian cek tidak rusak, kalian bisa lanjut setel dengan ikut tahap-tahap berikut ini:
Menurut banyak perkatan bengkel dan bengkel perbengkelan desa saya lagi, TOP in itu adalah ngepasin titik mati atas (TMA).
Alat yang digunakan untul setel Klep
- Puler atau filer untuk seting celah pada klep
- Kunci ring 10 untuk ngendorin atau ngencangin
- Kunci klep menahan saat ngendorin atau ngencangin
Berikut cara setel klep
- Buka tutup kipas atau magnet motor
- Cari huruf tanda T yaitu Top, (TOP yaitu posisi pada saat piston berada di atas posisi top saat perakitan mesin, peasngan sentrik, rante keteng, pemasangan noken as) dan posisikan sejajar dengan garis bila matic, jika bukan matic bisa dilihat di bagian bag mesin kiri, dengan membuka lubang kecil, dan diputar di bagian lubang besar magnet. CATATAN TAMBAHAN nanti bila ada huruf garis V (V adalah vairing atau tanda penyalaan lentikan api busi) hanya tambahan informasi tidak usah di sejajarkan
- Setelah stel magnet, sudah diposisikan di Top, kemudian langkah penyetelan klep di head, dan top pada sentrik atau rantai keteng
- Meng TOP kan rantai keteng, yaitu dengan, cari tanda titik pada gear, kemudia titik harus sejajar lurus kedepan
- Kemudain cari garis vertikal di gear, selanjutnya garis tersebut harus sejajar dengan blog head keatas
- Kemudian stel celah klep
- Sediakan kunci ring delapan, kemudian tahan mur kecilnya trus putar kekiri dikendorkan murnya
- Setelah longggar masukan puler, ini misall 0,18 untuk motor beat, kalian bisa pulley atau seting celah motor kalian sendiri,
- Selanjutnya, kita putar kekiri mur kecil, dan kekanan mur yang besar, kecangkan mur tersebut.
- Kemudain cek celah, dengan menggunakna puller lagi,
- Bila gerakan puller seret maka seting lagi, jika celah tidak terlalu longgar atau terlalu seret maka sudah benar
Tambahan bila mengalami kendala tidak ada huruf garis TOP
* Bila tidak ada tanda atau huruf T bisa pakai cara berikut ini
- Buka businya
- Masukan sebatang obeng
- Putar-putar kipas motor atau magnet,poisikan piston berada tepat di atas, diam di atas, maka sudah TOP.
catatan, klep atas dan klep bawah berbeda celahnya. seperti celah klep beat 0,18mm atas, dan 0,20mm bawah.